Jawaban Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan

Jawaban Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan


Berikut ini adalah kumpulan soal dan jawaban pelatihan/exam Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan pada Skill Academy:

Silahkan gunakan CTRF+F untuk mencari soal atau jawaban dibawah agar mudah dicari{alertInfo}


Berikut adalah bagian dalam sebuah copy:
1. Sub-heading
2.Tagline
3. Call to action
4. Body copy
5. Heading

Urutkan bagian-bagian tersebut dengan benar!

Jawaban: 5-1-4-3-2

Perhatikan ciri copy berikut:
1. Berbentuk artikel
2. Bersifat soft selling
3. Menerapkan prinsip SEO
4. Harus memiliki desain visual yang menarik

Jawaban: 1 dan 2


Copywriting adalah kegiatan menulis teks pemasaran atau iklan yang bertujuan untuk …. 

Jawaban: mengedukasi dan meningkatkan engagement dengan konsumen 


Push notification merupakan contoh dari …

- Mobile apps copy


Di bawah ini yang termasuk contoh kalimat yang menunjukkan “advantage” dalam formula FAB adalah …

Jawaban: Sistem pendingin yang cepat bisa mendinginkan ruangan hanya dalam waktu lima menit

Dalam formula AIDA/AIDCA, copywriter bisa memasukkan aspek psikologis untuk menggugah emosi serta logika target konsumen. Di bagian manakah aspek psikologis bisa dimasukkan?

Jawaban: Desire

Dita menonton sebuah iklan tentang Hari Ibu yang mengharukan. Tanpa sadar, Dita jadi ikut menangis. Psychological triggers yang diterapkan dalam iklan tersebut adalah …

Jawaban: Mirror neurons


Perhatikan contoh di bawah ini:

1. Memilih boyband asal Korea Selatan sebagai brand ambassador
2. Menyebutkan satu produk best seller untuk menarik minat konsumen pada produk lain
3. Menampilkan review pengguna yang puas menggunakan produk

Contoh penerapan “Halo Effect” sebagai psychological triggers adalah …

Jawaban: 1 dan 2

“Tidak ori, uang kembali!” merupakan contoh psychological triggers, yaitu …

Jawaban: Promises



Farhan ingin menulis advertorial untuk produk mesin cuci. Target konsumennya adalah ibu muda. Maka, Farhan mencari tahu apa yang menjadi masalah yang sering dialami ibu muda terkait pekerjaan rumah tangga yang mereka kerjakan, khususnya mencuci. Kemampuan menulis yang Farhan diterapkan adalah …

Jawaban: Storytelling

Perhatikan contoh berikut:

1. Rajin melakukan riset untuk perbanyak referensi
2. Membaca topik yang disukai saja
3. Berlatih untuk melihat masalah dari sudut pandang lain
4. Sangat selektif dengan ide sendiri
5. Rajin brainstorming

Hal yang harus dilakukan untuk mengasah kemampuan creative thinking adalah …

Jawaban: 1, 3, dan 5

Apa yang harus diperhatikan saat menulis copy yang baik?

Jawaban: Kaku dan baku sesuai EYD 
 

Proses berpikir secara vertikal atau step by step dengan mengikuti prosedur yang umum dan logis berdasarkan data-data yang dimiliki adalah definisi berpikir …. 

Jawaban: tradisional 

Menggunakan kata-kata powerful agar tepat sasaran merupakan contoh salah satu kemampuan menulis, yaitu …

Jawaban: Tata bahasa


Contoh penulisan call to action dengan style yang emosional adalah …

Jawaban: “Ayo bantu korban banjir bandang untuk bersekolah lagi!”

Mutia adalah seorang copywriter di sebuah e-commerce. Saat ingin membuat push notification untuk event 10.10, Mutia mencari tahu jenis promo yang diberikan serta syarat dan ketentuan yang berlaku dalam event tersebut. Bentuk riset yang Mutia lakukan adalah …

Jawaban: Know your product

Perhatikan contoh berikut:

“Download aplikasinya sekarang dan dapatkan voucher diskon tambahan senilai 25%.”

Checklist dalam call to action tersebut adalah …

Jawaban: Urgensi dan pengurangan risiko penolakan


Menggunakan kata “kamu” atau menyebut nama target audiens merupakan contoh … dalam headline.
Kata yang tepat untuk melengkapi pernyataan di atas adalah…

Jawaban: power words  


Contoh penulisan formula urgent dalam headline adalah …

Jawaban: Hanya Hari Ini! Diskon up to 50%



Kiki menulis headline media digital sebagai berikut: “Mulai bosan di rumah aja? Sini, aku kasih tips supaya tetap happy walau #DiRumahAja”. Headline tersebut cocok digunakan untuk ...

Jawaban: Email marketing dan push notification

Sari menulis headline advertorial sebagai berikut: “Penginapan Nyaman di Puncak untuk Santai di Akhir Pekan”. Jika Sari ingin menulis artikel yang sama dalam bentuk web copy, maka judul yang ideal adalah …

Jawaban: 5 Hotel Seru untuk Staycation di Puncak

Berapa jumlah minimal kata untuk body copy pada advertorial media cetak dan media digital? 

Jawaban: 1000 kata

Perhatikan media copy digital di bawah ini:

1. Push notification
2. Email marketing
3. Media sosial

Airin ingin menggunakan emoji dalam copy-nya agar terlihat menarik. Media mana saja yang cocok menggunakan emoji?

Jawaban: 1, 2, dan 3


Perhatikan bagian copy dalam iklan online travel agent berikut:

1. Headline yang menarik
2. Jumlah diskon yang berlaku
3. Syarat dan ketentuan detail promo
4. Call to action untuk mendownload aplikasi

Karena billboard bersifat selintas, maka info yang wajib dimasukkan adalah …

Jawaban: 1, 2, dan 4




Apa langkah pertama dalam setiap proses SEO? 

Jawaban: Keyword research


Apa yang akan dipelajari off-page optimization?

Jawaban: Mengetahui backlinks, white hat dan black hat untuk berbisnis dengan teman

1. Problem solving dalam masalah marketing
2. Creative thinking dan communication
3. Fast learning, karena teknologi berkembang pesat
4. Data analysis dan critical thinking
5. Data engineer dan data statistik

Manakah mindset yang penting dikuasai oleh digital marketers?

Jawaban: 1-3-4

Seorang tamu datang ke kantor dan menemui resepsionis untuk menemukan orang/karyawan yang mereka cari, dengan mengatakan keinginan mereka kepada resepsionis tersebut.

Contoh diatas adalah contoh penggambaran dari proses ….

Jawaban: SEO

Dibawah ini perbedaan SEO dan SEM yang tepat adalah ….

SEO: berada di sebelah bawah hasil SEO, tanpa label "Ads" atau "Iklan". Mekanismenya tergantung penilaian mesin pencari mana yang dinilai berkualitas dan berhak diletakkan lebih atas. Setiap kliknya gratis, kita tidak perlu membayar ke Google.

Jawaban: SEM: memiliki label "Ads" atau "Iklan" di depan listing di search engine. Mekanismenya pay per click, sehingga pemasang iklan harus membayar setiap kali ada yang mengklik. 




Apa urutan proses SEO secara high level?

Jawaban: Keyword research → on-page optimization → off-page optimization → measurement & analysis

Manakah pernyataan yang tepat mengenai SEO…

Jawaban: Keyword research merupakan langkah pertama dalam setiap proses SEO

Manakah pernyataan yang paling tepat?

Jawaban: SEO merupakan bagian dari digital marketing

Manakah yang merupakan workflow digital marketing process?

Jawaban: Plan & hypothesis → Execution → Data Gathering → Data Analysis → Insight

Manakah yang termasuk mindset spesifik yang penting dimiliki oleh seorang digital marketer?

Jawaban: Problem solving, critical thinking, analytical thinking, fast learning







Manakah dari pernyataan dibawah ini yang merupakan output dari keyword research?

Jawaban: list keywords yang relevan dengan bisnis

1. Tentukan “seed keywords”, dari penawaran bisnis/ website kita dan dari bertanya ke target user dengan cara mengetik di Google
2. Hasil akhirnya berupa daftar daftar keywords. Masing-masing keyword ini akan memiliki page-nya masing-masing
3. Validasikan dengan cara mengetik di Google
4. Gunakan tools untuk mendapatkan search volume dan keywords terkait. Selain untuk keyword research, tools ini bisa digunakan untuk competitor research
5. Download hasilnya, beserta keyword awal tadi
6. Masukan keyword dari langkah sebelumnya satu per satu
7. Komplikasi hasilnya, beserta keywords terkait dari keyword awal tadi

Urutan langkah - langkah melakukan keywords reseacrh yang sesuai ialah ….

Jawaban: 1-3-4-6-5-7-2

Apa tujuan akhir competitor research pada SEO?

Jawaban: Mengalahkan kompetitor kita di mesin pencari

Kata “jual”, “beli”, “murah”, “promo”, dan “jasa” lalu mengikuti nama produk atau jasa nya.
Contoh diatas merupakan konsep keyword ….

Jawaban: Transactional

Jenis tools yang dibuat oleh seorang SEO/digital marketing yang bernama Neil Patel bernama ….

Jawaban: Ubersuggest



Perhatikan poin-poin berikut.
1. Meta title
2. Meta description
3. Content
4. Website layout

Faktor yang termasuk dalam bagian teknis dari SEO adalah…

Jawaban: 1 dan 2


Apa sajakah bagian yang harus dilakukan dalam on page optimization?

Jawaban: Content dan Introduction

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat website ialah kalimat menarik yang membuat user mengklik website.
Hal tersebut termasuk dalam faktor ….

Jawaban: Meta title

Dibawah ini yang termasuk cara membuat rancangan konten yang eat-able ialah….

Jawaban: Membandingkan konten website kompetitor

Apa kepanjangan EAT-able dalam content on page-optimization? 
Jawaban: Excellent, Authoritative, dan Trusted


Berikut ini adalah pernyataan yang tepat mengenai karakteristik strategi white hat off-page optimization...

Jawaban: Relatif lebih sulit dan lebih mahal biayanya dibanding black hat & gray hat strategy

Mengapa link yang berada di body content/artikel lebih bernilai dibanding link di footer atau sidebar?

Jawaban: Karena body content/artikel yang paling utama dibaca user

Berikut ini adalah jenis-jenis website.
  1. website judi dan pornografi 
  2. website pribadi/milik sendiri 
  3. website brand/perusahaan
  4. website yang tidak diniatkan untuk bertahan dalam jangka waktu panjang
  5. website download software illegal
Manakah jenis website yang bisa dikatakan oke untuk bisa menanggung sendiri segala risiko menggunakan strategi black hat off-page optimization?

Jawaban: 1, 2, 4


Perhatikan poin-poin berikut.
1. Membagikan konten ke sosial media
2. Komen di komunitas dengan menyertakan konten kita
3. Spam komen di sosial media dan blog
4. Menaruh link di blog palsu yang kita buat

Poin-poin di atas merupakan strategi untuk menaikkan rating konten kita. 
Di antara cara di atas, manakah yang termasuk white hat strategy?

Jawaban: 1 dan 2

Manakah dari pernyataan berikut yang benar?

Jawaban: Semua link itu tidak sama di mata search engine


Alasan paling tepat mengapa kita disarankan untuk menggunakan tools keyword ranking tracker dibandingkan melakukannya manual adalah sebagai berikut...

Jawaban: Karena mencari secara manual di search result Google itu merepotkan dan ada banyak opsi keyword ranking tracker yang bisa digunakan.

Tools analytics dari Google yang dipergunakan khusus untuk mengetahui dan memonitor performa SEO kita adalah...

Jawaban: Google Search Console

Tiga metrics yang harus dipantau adalah….

Jawaban: Ranking, traffic, conversion


Perhatikan pernyataan berikut:
1. Pada umumnya, SEO adalah proses jangka panjang .
2. Metrics paling penting untuk dipantau dalam SEO adalah ranking & traffic.
3. Kita bisa menggunakan keyword ranking tracker untuk mempermudah memantau ranking keywords kita.
4. Cara termudah memantau ranking keywords adalah dengan membuka halaman pencarian Google satu per satu.
5. Google Analytics maupun Google Search Console dapat digunakan untuk memantau traffic SEO kita.

Manakah di antara pernyataan-pernyataan di atas yang tepat?

Jawaban: 1, 2, 3, 5

Pada Google Analytics, kita bisa melihat sumber traffic kita dengan menggunakan menu….

Jawaban:  Acquisition


SEO copywriting adalah….
 
Jawaban: Penulisan konten yang bisa menarik perhatian audiens sekaligus algoritma mesin pencari (search engine) 
 
Mengapa perlu menghindari kata kunci dengan tanda Low pada kolom Competition saat menggunakan Google Ads Keyword Planner pada Discover New Keywords?
 
Jawaban: Kata kunci tersebut tidak populer
 
Mengapa external linking tidak diperlukan untuk SEO copywriting jika website-nya tidak terafiliasi? 
 
Jawaban: Karena akan menunjukkan penulis tidak kredibel 
 
Salah satu alasan mengapa SEO copywriting dibutuhkan brand atau bisnis adalah….
 
Jawaban: Dapat meyakinkan audiens untuk segera mengambil tindakan 
 
 Jika belum menentukan topik artikel yang akan ditulis, langkah awal yang bisa dilakukan adalah …. 
 
Jawaban: mencari inspirasi dari Google Trends

Andi ingin membuat call to action menggunakan reciprocity sebagai psychological triggers untuk mengurangi risiko penolakan. Maka, call to action yang Andi buat adalah… 
 
Jawaban: Subscribe sekarang dan dapatkan free streaming 2 bulan 

 “MENULISKAN CIRI UTAMA DARI PRODUK YANG DIJUAL” merupakan komponen dari formula FAB, yaitu: 
 
Jawaban: Feature 
 
Pada project sebelumnya, Fina telah sukses membuat copy dalam bentuk testimoni dua paragraf. Kemudian, ia ditugaskan untuk mengubah copy tersebut untuk diletakkan di iklan billboard. Untuk menghadapi perubahan ini, Fina hanya meringkas sedikit testimoni tersebut untuk dijadikan iklan billboard.

Hal yang Fina lakukan adalah…

Jawaban: Benar, karena testimoni dapat membuat orang percaya 
 
Affandi sebelumnya bekerja di tim marketing sebuah perusahaan, ketika ia pindah kerja menjadi salah satu tim marketing di sebuah start up, ia mengalami cultural shock atas sistem kerja yang jauh berbeda pada lingkungan barunya. Hal yang seharusnya tidak Affandi lakukan dalam menghadapi cultural shock ini adalah… 

Jawaban: menerapkan critical thinking 

Perhatikan urutan di bawah ini: 
  1. on-page optimization
  2. off-page optimization
  3. Keyword research  
  4. measurement & analysis
Tentukan urutan proses SEO secara high-level! 

Jawaban: 3-1-2-4 


Adel gemar menonton film lewat media streaming secara gratis. Suatu hari, Adel melihat iklan di media streaming tersebut yang berbunyi, “Daftar akun premium sekarang! Dapatkan free selama 3 bulan”. Tanpa menunggu lama, Adel langsung mendaftarkan akunnya, ke akun premium. Psychological trigger yang digunakan dalam copy tersebut adalah... 

Jawaban: Reciprocity 

Pada umumnya, SEO adalah proses jangka panjang 
Metrics paling penting untuk dipantau dalam SEO adalah ranking & traffic
Kita tidak bisa menggunakan keyword ranking tracker untuk mempermudah memantau ranking keywords kita 
Cara termudah memantau ranking keywords adalah dengan membuka halaman pencarian Google satu per satu 
Google Analytics maupun Google Search Console dapat digunakan untuk memantau traffic SEO kita
Mana pernyataan berikut yang salah?

Jawaban: 3) dan 4)
 
Seorang digital marketer memasang iklannya di facebook. Namun, ia tidak mendapatkan engagement yang ia inginkan. Untuk itu, ia mencoba lagi dengan membuat copy yang berbeda dari sebelumnya. Lagi-lagi hasil tidak memuaskan. Maka, yang seharusnya ia lakukan adalah… 
 
Jawaban: buat campaign yang mirip dengan kompetitor 
Baca Juga

*

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama